7 Vaksin Penting Sebelum Liburan, Jangan Terlewat!

attractive-young-asian-tourist-couple-excited-together-trip-girlfriend-sitting-cheering-baggage-trolley-luggage-trolley-holiday-vacation-safety-traveling-abroad-ideas-concept.jpg

Berbagai persiapan tentu akan dilakukan agar pergi liburan tetap terkendali dan nyaman. Selain menyiapkan barang bawaan, jangan lupa bekali dirimu denga imun yang kuat. Nah, apa saja vaksin sebelum liburan yang penting didapat?

Pemberian vaksin ini tentu penting, terutama jika kamu berencana untuk liburan ke luar negeri. Beberapa negara memiliki risiko penularan atau penyebaran suatu infeksi.

Meski belum tentu pasti akan terkena, kamu sebagai wisatawan juga memiliki risiko yang sangat tinggi.

Jenis-jenis vaksin penting sebelum liburan

Lalu apa saja rekomendasi vaksin sebelum liburan yang penting kamu dapat? Berikut pilihannya:

1. Vaksin flu

Virus influenza sangat mudah menyebar melalui udara. Jangan lupa suntik vaksin flu dulu agar kamu terlindungi dari serangan virus yang bisa mengganggu kenyamanan liburanmu.

Influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, yaitu hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza tipe A, B, dan C.

Dilaporkan oleh Kemenkes RI, bahwa pemberian vaksin flu tahunan adalah cara pencegahan utama.

2. Vaksin tifoid

Demam tifoid adalah penyakit yang umum terjadi di negara berkembang. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bisa ditemukan pada makanan atau minuman yang kotor.

Laporan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa ada sekitar 5.700 orang yang terserang demam tifoid setiap tahunnya setelah mengunjungi negara Asia, Amerika Selatan dan Afrika.

Jadi jangan lupa vaksin tifoid dulu sebelum pergi jalan-jalan, ya!

3. Vaksin meningitis

Sesuai namanya, vaksin ini bermanfaat untuk melindungi tubuhmu dari serangan penyakit meningitis. Meski sekarang sudah tak lagi wajib untuk mendapat vaksin meningitis saat pergi umrah atau haji, tetap akan jauh lebih baik jika kamu menjaga kesehatan dengan vaksin.

4. Vaksin hepatitis

Hepatitis A merupakan salah satu vaksin yang umum diberikan pada wisatawan. Vaksin ini penting kamu dapatkan jika hendak liburan ke negara berkembang dengan sanitasi dan kebersihan makanan yang kurang baik.

Selain itu, vaksin hepatitis B juga tak kalah pentingnya. Terutama jika kamu akan pergi liburan ke beberapa negara seperti Afrika, Amerika Selatan, Asia Tengah, dan Asia Tenggara.

5. Vaksin COVID-19

Walaupun sekarang angka kejadian COVID-19 tak setinggi sebelumnya, namun penularan tetap mungkin terjadi.

Selain menerapkan protokol kesehatan, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin juga mengimbau agar masyarakat mendapatkan vaksinasi COVID-19, baik dosis primer maupun booster, sebelum melakukan perjalanan jauh.

6. Vaksin varicella

Jika kamu hendak pergi liburan ke Jepang, jangan lupa selalu memperbarui status imunisasimu, ya! Salah satunya yang dianjurkan oleh CDC adalah vaksin varicella.

Cacar air atau varicella adalah penyakit yang sangat menular yang biasanya menyebabkan ruam merah gatal disertai lepuh dan umumnya muncul di dada, punggung, dan wajah, lalu menyebar ke seluruh tubuh.

Penyakit ini sangat mudah menular pada orang yang belum mengidap penyakit tersebut atau belum mendapatkan vaksin varicella.

7. Vaksin dengue

Sebelum pergi liburan, kamu sebaiknya juga membekali diri dengan mendapatkan vaksin dengue.

Demam Berdarah Dengue atau DBD merupakan salah satu penyakit yang sangat perlu diwaspadai. Ini karena DBD merupakan masalah kesehatan serius yang mampu mengancam nyawa seseorang. Penyebab penyakit DBD sendiri adalah gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Pelayanan vaksin terlengkap dan profesional di Primecare Clinic

Semua vaksin ini bisa kamu dapatkan di Primecare Clinic dengan pelayanan profesional dan harga bersaing. Jangan lupa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa menerima vaksin yang paling sesuai kebutuhanmu.

Untuk informasi dan pendaftaran, hubungi Primecare Clinic cabang terdekat:

Primecare Clinic

Cabang Tebet (0811-8906-625)
Cabang Panglima Polim (0811-1958-188)
Cabang Samarinda (0811-5503-567)

Keyword pencarian:
vaksin, vaksin dbd, vaksin dengue, vaksin flu, vaksin meningitis vaksin hepatitis, vaksin varicella, vaksin liburan

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.