Tifus Bisa Picu Perdarahan Saluran Cerna, Sudah Vaksin Tifoid?

woman-with-stomachache-puts-her-hands-her-stomach-covers-her-mouth.jpg

Demam tifoid (atau yang biasa disebut tifus/tipes) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Tahukah kamu kalau tifoid dapat menimbulkan komplikasi serius seperti perdarahan saluran cerna, meningitis, dan pneumonia?

Sekitar 10% pengidap tifus dapat mengalami komplikasi yang cukup serius, terutama jika terlambat ditangani atau tidak diobati dengan antibiotik yang tepat.

Dikutip dari Kemenkes RI, demam tifoid harus mendapat perhatian serius karena bersifat endemis dan mengganggu kesehatan masyarakat. Langkah pencegahan pun penting dilakukan, yakni dengan menjaga kebersihan lingkungan dan mendapatkan vaksin tifoid.

Pentingnya vaksin tifoid untuk cegah tifus

Di Indonesia, vaksin tifoid merupakan jenis imunisasi dasar yang diajukan oleh pemerintah. Alasannya, kasus penyakit tifus di Indonesia masih terbilang banyak.

Efektivitas vaksin tifoid dalam mencegah tipes cukup tinggi, yaitu mencapai 50–80%. Meski begitu, pemberian vaksin akan lebih efektif jika dibarengi dengan upaya menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola makan sehat.

Siapa yang perlu menerima vaksin tifoid?

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan vaksin tifoid kepada anak usia 2 tahun dan diulang setiap tiga tahun sekali sejak anak usia 5 hingga berusia 18 tahun.

Selain itu, vaksin tifoid juga direkomendasikan kepada orang dewasa yang rentan terserang tipes, seperti:

  • Orang yang tinggal berdekatan dengan penderita tifus
  • Tenaga medis atau pekerja laboratorium yang terpapar bakteri typhi
  • Bekerja atau bepergian ke daerah di mana demam tifoid sering terjadi

Serupa seperti vaksin lain, vaksin tifoid juga dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti nyeri di lokasi suntikan, demam, dan nyeri otot. Meskipun demikian, efek samping jarang terjadi dan biasanya bersifat ringan.

Vaksin tifoid sudah tersedia di Primecare Clinic!

Sebagai kesimpulan, vaksin tifoid menjadi salah satu jenis vaksin yang masuk ke dalam program imunisasi dasar yang berfungsi mencegah infeksi virus Salmonella typhi penyebab tifus.

Demi memaksimalkan langkah pencegahan penyakit tifus, jangan lupa vaksinasi! Kamu bisa mendapatkan layanan vaksin tifoid dengan tim dokter profesional dan terbaik hanya di Primecare Clinic.

Kamu dapat melakukan reservasi layanan suntik vaksin tifoid di Primecare Clinic cabang terdekat. #MulaidariKamu

Primecare Clinic

Cabang Tebet
(Informasi dan pendaftaran: 0811-8906-625)

Cabang Panglima Polim
(Informasi dan pendaftaran: 0811-1958-188)

Cabang Samarinda
(Informasi dan pendaftaran: 0811-5503-567)

Keyword pencarian:
vaksin, vaksin tifoid, vaksin thypoid, tifus, tipes, vaksin tifus, vaksin tipes

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.