Mengenal Vaksin Qdenga, Langkah Penting Cegah Demam Berdarah

female-patient-with-medical-mask-getting-vaccine.jpg

Sebagai salah satu daerah endemis dengue, masyarakat Indonesia perlu mewaspai kemungkinan meningkatnya risiko penyakit demam berdarah dengue (DBD). Bentuk upaya yang bisa dilakukan termasuk dengan vaksin demam berdarah atau vaksin dengue, salah satunya merek vaksin Qdenga.

Penyebab tersering penyakit ini adalah virus dengue yang memiliki 4 serotipe, yakni DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Virus ini ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti, yang tersebar hampir di seluruh penjuru Indonesia. Infeksi virus dengue bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa.

Dikutip dari laman Sehat Negeriku Kemenkes RI, data di tahun 2022, jumlah kasus dengue mencapai 131.265 kasus. Dari jumlah tersebut, sekitar 40 persen di antaranya adalah anak-anak usia 0-14 tahun. Sementara itu, jumlah kematiannya mencapai 1.135 kasus, dengan 73 persen terjadi pada anak usia 0-14 tahun.

Perkembangan inovasi baru sebagai cara mengendalikan kasus dengue nasional termasuk dengan vaksin.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, vaksin dengue adalah vaksin untuk mencegah atau mengurangi risiko seorang anak terkena infeksi dengue yang berat. Seperti kita ketahui, infeksi dengue sangat bervariasi dari yang ringan hingga berat.

Mengenal tentang vaksin Qdenga

Salah satu merek vaksin dengue yang kini sudah tersedia yakni vaksin Qdenga. Vaksin ini mencegah demam berdarah yang disebabkan oleh virus dengue serotipe 1, 2, 3 dan 4 dengan target sasaran usia 6-45 tahun. Vaksin Qdenga telah mendapatkan izin edar dari Badan POM pada Agustus 2022.

“Sesuai data studi klinik yang mendukung tersebut, indikasi Vaksin Qdenga disetujui untuk usia mulai dari 6–45 tahun. Vaksin diberikan dalam 2 dosis dengan interval pemberian 3 bulan antardosisnya, melalui injeksi secara subkutan pada otot lengan bagian atas,” jelas Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito.

Jika anak sudah pernah terkena infeksi dengue, perlukah vaksin lagi?

IDAI menyebutkan bahwa vaksin dengue tetap dapat diberikan walaupun anak sudah pernah mengalami infeksi dengue. Mengapa? Hal ini dikarenakan pada saat anak terinfeksi dengue, hampir tidak mungkin anak tersebut terinfeksi 4 serotipe virus sekaligus.

Biasanya anak hanya terkena satu serotipe virus saja pada satu kali infeksi. Dengan pemberian vaksin dengue yang mengandung 4 serotipe, anak yang sudah terinfeksi akan tetap membentuk kekebalan terhadap serotipe lain yang belum menginfeksi anak tersebut.

Jadi, apakah perlu vaksinasi dengue?

Ya, perlu!

Ingat, infeksi dengue dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja terutama di negara endemis seperti Indonesia. Tidak menutup kemungkinan anak dengan daya tahan tubuh dan gizi yang baik pun dapat terkena infeksi dengue.

Spektrum keparahan infeksi ini juga sangat luas dari yang ringan hingga berat, sehingga untuk setiap anak yang terinfeksi dengue, masih ada risiko untuk menderita dengue yang berat. Pemberian vaksin ini ditujukan untuk mengurangi risiko tersebut.

Kendati demikian, perlu dipahami bahwa vaksin hanya salah satu upaya mencegah infeksi dengue. Kombinasi antara faktor-faktor yang dapat mengurangi penyebaran virus dengue seperti salah satunya perilaku hidup yang bersih dan sehat juga menjadi langkah pencegahan penting.

Vaksin Qdenga sudah tersedia di Primecare Clinic!

Kamu bisa mendapatkan vaksin dengue dengan merek Qdenga di Primecare Clinic dengan harga mulai dari Rp 860 ribu/dosis (sudah termasuk jasa dokter umum). Untuk informasi dan pendaftaran, segera hubungi nomor WhatsApp Primecare Clinic cabang terdekat!

• Panglima Polim (0811 1958 188)
  • Tebet (0811 8906 625)
  • Depok (0811 2777 438)
  • Samarinda (0811 5503 567)