Vaksin Influenza untuk Anak, Pasti Ampuh Cegah Flu?

girl-being-vaccinating-her-father.jpg

Salah satu vaksin yang penting didapat anak secara berkala, bahkan sejak usia 6 bulan, yakni vaksin influenza. Tapi apakah pemberian vaksin flu benar-benar bisa mengurangi risiko infeksi flu?

Flu atau influenza adalah penyakit sistem pernapasan yang disebabkan oleh virus. Berbeda dengan pilek biasa atau common cold, flu lebih berbahaya terutama jika terjadi pada anak-anak.

Virus influenza sendiri diketahui dapat menyebar dengan cepat, karena penularannya bersifat dari orang ke orang. Dengan kata lain, jika seseorang sedang flu mengalami batuk atau bersin, maka droplet virusnya akan beterbangan di udara.

Orang-orang di sekitar pun berisiko menghirup udara tersebut dan tertular virus. Tak terkecuali anak-anak yang secara umum sistem kekebalan tubuhnya masih rentan.

Perbedaan flu dan pilek

Dikutip dari laman UPK Kemenkes RI, berikut beberapa perbedaan antara flu dan pilek yang penting dipahami oleh orang tua:

Flu

Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza (Influenza A, Influenza B dan Influenza C).

Tingkat keparahan pada flu tergolong cukup berat, yaitu pasien akan merasakan demam tinggi 3-5 hari, sering sakit kepala berat, batuk kering, sakit tenggorokan, badan gemetar dan menggigil, nyeri otot sekujur tubuh, hingga kelelahan.

Pilek

Pasien biasanya akan mengeluarkan cairan dari hidung yang disertai dengan rasa berat dan buntu di hidung. Selain itu, pasien juga akan merasakan tidak nyaman pada tenggorokan, batuk, dan kadang disertai dengan demam.

Saat pilek, tingkat keparahan yang dirasakan akan cenderung ringan dan sakit tenggorokan dapat sembuh dalam 1–2 hari.

Pengobatan flu pada anak

Sebenarnya dalam sebagian besar kasus flu pada anak, kondisi ini dapat membaik dengan beristirahat di rumah. Jangan lupa perkuat imun anak dengan memberikan asupan bernutrisi dan cukupi kebutuhan cairan tubuh.

Tapi jika gejala yang dialami oleh anak justru memburuk atau sampai mengganggu aktivitas sehari-harinya, jangan tunda untuk periksa ke dokter spesialis anak di Primecare Clinic.

Seberapa ampuh vaksin influenza untuk anak?

Salah satu cara terbaik untuk membantu mengurangi risiko influenza pada anak adalah dengan rutin vaksinasi. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), vaksin influenza diberikan dengan dosis tergantung usia anak.

Vaksin influenza perlu diberikan pada anak mulai usia 6 bulan. Dosis pertama untuk anak usia 6 bulan hingga 8 tahun diberikan sebanyak 2 kali dengan jarak pemberian 1 bulan. Selanjutnya, vaksinasi dilakukan setahun sekali. Sementara itu, dosis pertama untuk anak usia 9 tahun ke atas cukup satu kali saja. Kemudian tetap diulang setahun sekali.

Vaksin flu bekerja dengan cara merangsang tubuh untuk menghasilkan antibodi terhadap virus flu. Antibodi ini akan membantu melindungi tubuh dari infeksi flu.

Jika dilakukan secara berkala, vaksin influenza secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat flu. Penelitian menunjukkan hal ini berlaku baik untuk anak-anak yang memiliki kondisi medis tertentu, maupun yang tidak.

Ingat, masih ada kemungkinan anak terkena flu setelah mendapatkan vaksinasi, namun kecil kemungkinannya untuk timbul komplikasi parah atau sampai perlu perawatan di rumah sakit.

Vaksin flu kini tersedia di Primecare Clinic!

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebisa mungkin berikan yang terbaik demi kesehatan Si Kecil dengan rutin vaksinasi. Jika Bunda masih ragu, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi vaksinasi yang sesuai usia anak.

Kamu bisa mendapatkan layanan vaksinasi dengan tim dokter profesional dan terbaik hanya di Primecare Clinic. Segera lakukan reservasi layanan suntik vaksin di Primecare Clinic cabang terdekat. #MulaidariKamu

Primecare Clinic

Cabang Tebet
(Informasi dan pendaftaran: 0811-8906-625)

Cabang Panglima Polim
(Informasi dan pendaftaran: 0811-1958-188)

Cabang Samarinda
(Informasi dan pendaftaran: 0811-5503-567)

Keyword pencarian:
vaksin PCV, vaksin pneumonia, vaksin flu, vaksin hepatitis, vaksin tifoid, imunisasi, jadwal vaksin

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.