7 Vitamin dan Mineral yang Baik bagi Kesehatan Paru-paru

sad-ill-asian-girl-staying-self-quarantine-during-covid-catching-flu-sitting-home-with-cup-2.jpg

Paru-paru merupakan salah satu organ vital yang penting bagi tubuh, terutama berperan dalam pernapasan dan persebaran oksigen. Lalu apa saja jenis vitamin dan mineral yang memberi manfaat baik bagi kesehatan paru-paru?

Ya, selain menerapkan pola hidup sehat seperti menghindari polusi, tidak merokok, dan memakai masker, konsumsi makanan bergizi pun tak kalah pentingnya.

Bahkan manfaatnya tak hanya menjaga fungsi paru, tetapi juga melindungi diri dari berbagai risiko penyakit dan infeksi terkait pernapasan.

Pilihan vitamin dan mineral untuk paru-paru

Nah, untuk membantu menjaga kesehatan paru-paru dan mencegah penyakit pernapasan, berikut beberapa jenis vitamin dan mineral yang perlu dicukupi:

1. Vitamin A

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ Nutrition, Prevention, and Health di tahun 2020, terdapat pengujian mengenai asupan vitamin terhadap 6.115 orang berusia 19 tahun ke atas.

Didapatkan kesimpulan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi cukup vitamin A lebih jarang mengeluhkan masalah pernapasan seperti batuk, pilek, dan asma.

2. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan kuat, yang diyakini punya efek positif secara langsung terhadap kesehatan paru-paru.

Termasuk untuk membantu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko komplikasi akibat penyakit pernapasan, seperti influenza dan COVID-19.

3. Vitamin D

Dikutip dari American Lung Association, kekurangan asupan vitamin D telah lama dikaitkan dengan risiko serangan asma pada anak-anak dan orang dewasa.

Oleh karena itu, jika asupan vitamin D terpenuhi, maka hal ini berpotensi dapat mengurangi risiko asma kambuh dan membantu mencegah infeksi pernapasan lainnya.

4. Vitamin E

Mencukupi kebutuhan harian vitamin E diketahui dapat membantu mengurangi risiko penyakit pernapasan.

Bagi pengidap asma, kandungan tocopherol dalam vitamin E dipercaya mampu mengurangi kekambuhan dan keparahan gejala asma, seperti batuk dan napas berbunyi (mengi).

5. Magnesium

Magnesium diketahui dapat membantu relaksasi otot saluran udara (bronkial) dan melancarkan aliran udara yang masuk ke paru-paru, sehingga membantu meredakan gejala asma.

6. Zinc

Salah satu mineral yang berpotensi bermanfaat bagi kesehatan jantung yakni zinc. Penelitian dalam International Journal of Molecular Medicine menunjukkan pengaruh asupan zinc terhadap pengobatan penyakit infeksi pernapasan.

Di antaranya seperti mengurangi peradangan, menghilangkan lendir berlebih, serta mencegah penggunaan ventilator pada pasien pneumonia dan COVID-19.

7. Asam lemak omega-3

Para peneliti dari University of Rochester, Amerika Serikat mengungkapkan adanya pengaruh omega-3 terhadap risiko peradangan dan infeksi bakteri pada paru-paru.

Mereka menemukan bahwa asam lemak omega-3 berpotensi dapat mengurangi peradangan secara signifikan.

Kamu punya gejala masalah pernapasan?

Pola hidup sehat, termasuk konsumsi makanan bergizi dan bervitamin, dapat memiliki manfaat bagi kesehatan paru-paru. Akan tetapi, jangan tunda untuk konsultasi ke dokter spesialis paru jika kamu punya gejala gangguan pernapasan. Termasuk seperti batuk (batuk kering atau batuk berdahak), mengi, sakit tenggorokan, sesak napas, serta keringat dingin.

Amankan reservasimu bersama dokter spesialis paru terpercaya hanya di Primecare Clinic!

Poliklinik Paru Primecare Clinic

Cabang Tebet
(Informasi dan pendaftaran: 0811-8906-625)

dr Santi, Sp.P
Senin dan Rabu 16.30 – 18.30

Cabang Panglima Polim
(Informasi dan pendaftaran: 0811-1958-188)

dr Santi, Sp.P
Sabtu, 08.00 – 11.00

Keyword pencarian:
paru, penyakit paru, sesak napas, gangguan napas, dokter paru

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.