Perbedaan Swab Antigen dan Tes PCR, Sudah Tahu?

hand-with-protective-gloves-holding-covid-test.jpg

Meski sama-sama digunakan untuk mendeteksi infeksi virus corona, tetapi swab antigen dan tes PCR punya beberapa perbedaan, lho! Mulai dari biaya, tingkat akurasi, hingga waktu tunggu hasil tes.

Kamu dapat menyesuaikan tes mana yang dapat dilakukan dengan kondisi dan keluhan. Jika masih bingung, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu di Primecare Clinic.

Sampai saat ini, standar diagnosis untuk COVID-19 masih melalui tes PCR. Namun, kamu perlu memahami perbedaan keduanya.

Apa itu swab antigen?

Swab antigen adalah pemeriksaan imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini.

Selain itu, swab antigen biasanya bisa kamu gunakan untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti virus influenza dan respiratory syncytial virus (RSV).

Apa itu tes PCR?

Polymerase chain reaction atau PCR adalah metode untuk mendeteksi virus dan lebih akurat daripada pemeriksaan lainnya. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel dari saluran pernapasan dengan teknik swab nasofaring untuk mengetahui adanya infeksi.

Perbedaan swab antigen dan tes PCR

Swab antigen dan PCR adalah dua jenis pemeriksaan yang berbeda untuk Covid-19. Berikut ulasan tentang perbedaan keduanya:

1. Waktu pemeriksaan

Swab antigen membutuhkan waktu yang sebentar yaitu antara 15-30 menit, sedangkan prosedur PCR membutuhkan waktu paling cepat sekitar 1 hari.

2. Tingkat akurasi hasil pemeriksaan

PCR adalah pemeriksaan penunjang yang mendeteksi virus corona yang paling akurat. Akurasinya bahkan bisa mencapai 80-90 persen.

Sementara itu, swab antigen memiliki tingkat akurasi di bawah PCR. Tak perlu khawatir, meski cepat tetapi hasil tes swab antigen tetap akurat dan terpercaya!

3. Biaya pemeriksaan

Biaya pemeriksaan tes PCR biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan swab antigen. Semua dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan juga keluhan yang ada, ya.

Sejauh ini, PCR masih menjadi tes yang paling akurat untuk mendiagnosis infeksi virus corona.

Perlu diingat bahwa virus memerlukan beberapa hari untuk mulai berkembang biak di tenggorokan dan hidung, sehingga tes ini mungkin kurang efektif untuk mengidentifikasi jika kamu baru saja terinfeksi.

Sementara itu, tes antigen bekerja mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan tenggorokan, dengan mencari protein dari virus. Swab antigen bisa kamu gunakan untuk menyaring pengidap yang terinfeksi.

Mau tes COVID-19? Yuk ke Primecare Clinic!

Jika kamu menginginkan hasil yang lebih cepat, kamu bisa melakukan swab antigen. Namun, tingkat akurasi akan lebih kuat apabila kamu melakukan tes PCR.

Saat ini ada promo pemeriksaan tes COVID-19 di Primecare Clinic, lho. Biaya untuk tes PCR Rp 275 ribu (hasil di hari yang sama) dan swab antigen Rp 75 ribu (hasil dalam waktu 15 menit saja).

Informasi dan pendaftaran:

Primecare Clinic
Cabang Tebet
0811-8906-625

Cabang Panglima Polim
0811-1958-188

Keyword pencarian:
COVID 19, swab antigen, swab pcr, tes covid, screening covid, tes covid jakarta, vaksin jakarta, klinik jakarta

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.