7 Penyebab Gusi Bengkak, Kapan Perlu Cek ke Dokter Gigi?

young-man-casual-clothes-holding-cup-hot-tea-looking-unwell-touching-his-cheek-feeling-toothache-sitting-chair-light-living-room.jpg

Meski kerap dianggap sepele, tapi gusi bengkak juga menjadi salah satu masalah kesehatan mulut yang bisa membuat tak nyaman. Selain itu, kondisi ini juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti kesulitan makan dan berbicara.

Maka dari itu, perlu diketahui apa saja hal-hal yang dapat menjadi penyebab gusi bengkak. Mulai dari masalah gaya hidup hingga gangguan kesehatan tertentu.

Jika kamu juga mengalami masalah gusi bengkak yang mulai mengganggu keseharian aktivitasmu, jangan tunda sampai parah, ya! Segera lakukan konsultasi dengan dokter gigi yang terpercaya.

Macam-macam penyebab gusi bengkak

Gusi bengkak adalah masalah kesehatan mulut yang ditandai dengan perubahan warna gusi menjadi lebih merah dan terkadang mengeluarkan darah ketika penderitanya sikat gigi.

Berikut beberapa penyebab gusi bengkak yang perlu kamu ketahui:

1. Penumpukan plak

Penyebab gusi bengkak dan meradang (gingivitis) yang pertama adalah karena penumpukan plak pada gusi dan gigi. Plak sendiri diketahui berasal dari sisa-sisa makanan, bakteri, serta zat-zat lainnya yang tidak dibersihkan dengan baik, sehingga menumpuk di gigi dan gusi.

Dalam jangka panjang, penumpukan plak dapat mengeras lalu berubah menjadi karang gigi. Kondisi inilah yang bisa memicu peradangan dan menimbulkan rasa nyeri pada gusi.

2. Ada sisa makanan yang tersangkut

Jangan lupa untuk membersihkan dengan benar sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela gigi setelah makan. Ini juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak, lho.

Alasannya, sisa makanan tersebut dapat memicu pertumbuhan dan penumpukan kuman di mulut sehingga menyebabkan tubuh harus bekerja keras melawan kuman-kuman tersebut. Inilah yang kemudian memicu iritasi dan pembengkakan pada gusi.

3. Perubahan hormon

Gusi bengkak adalah salah satu kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil dan wanita yang sedang mengalami menstruasi. Hal ini terjadi karena aliran darah ke gusi meningkat akibat perubahan hormon selama kehamilan dan menstruasi.

Adanya peningkatan aliran darah tersebut dapat menyebabkan gusi mudah mengalami iritasi dan berujung pada pembengkakan.

Selain kehamilan dan menstruasi, perubahan hormon yang terjadi ketika wanita sedang menyusui dan setelah melahirkan juga dapat menyebabkan gusi bengkak.

4. Merokok

Penyebab gusi bengkak yang juga perlu diperhatikan yakni kebiasaan merokok. Zat racun yang terkandung dalam rokok diketahui dapat meningkatkan risiko infeksi pada gusi dan gigi, serta melemahkan daya tahan tubuh dalam melawan kuman penyebab penyakit gusi.

5. Cara menyikat gigi yang salah

Jangan lupa perhatikan cara menyikat gigi, sebab jika keliru ini juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak dan nyeri luar biasa. Salah satunya jika kamu sering menyikat gigi terlalu kuat.

Beberapa orang menganggap bahwa menyikat gigi dengan keras dapat mengangkat kotoran di gigi secara maksimal. Padahal, kebiasaan ini justru dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri, bengkak, bahkan perdarahan pada gusi.

6. Kekurangan vitamin tertentu

Penyebab gusi bengkak berikutnya adalah kekurangan vitamin C dan B. Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga atau memperbaiki jaringan gusi. Sementara itu, vitamin B bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel dan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk gusi.

7. Efek samping pengobatan

Efek samping konsumsi obat-obatan juga dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi. Salah satunya konsumsi obat antikejang untuk penderita epilepsi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala tertentu setelah mengonsumsi obat yang diresepkan, ya.

Kapan perlu cek ke dokter?

Jika kamu merasa ada keluhan gusi bengkak yang sudah mengganggu aktivitas harianmu, jangan tunda untuk segera konsultasi ke dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa kondisi mulut dan mencari tahu penyebabnya, sehingga bisa disembuhkan dengan lebih cepat dan efisien.

Jadwal Poli Dental
Primecare Clinic Tebet (WhatsApp 0811-8906-625)

drg. Arifah Chieko
Senin dan Selasa (10.00 – 14.00)

drg. Yossy Anisari
Senin dan Selasa (14.00 – 18.00)
Jumat (10.00 – 15.00)

drg. Ellen Lestari
Rabu (10.00 – 14.00)

drg. Anti
Rabu (14.00 – 15.00)

drg. Maya Reza Castrena
Kamis (11.00 – 15.00)
Sabtu (10.00 – 14.00)

Jadwal Poli Dental
Primecare Clinic Panglima Polim (WhatsApp 0811-1516-160)

drg. Irfan Arfani, Sp.Pros
Senin dan Kamis (10.00 – 14.30)
Sabtu (14.30 – 18.00)

drg. Maughfirah Shintya
Senin, Selasa, Jumat (14.30 – 18.00)

drg. Prasanti Fitriastuti
Selasa, Rabu, Jumat (10.00 – 14.30)

drg. Yohan Edward, Sp.BM
Selasa (14.30 – 18.00)

drg. Ajeng Sulistya, Sp.Orto*
Rabu (14.30 – 18.00)

drg. Widyaningrum Dwihadiputro, Sp.KGA
Kamis (14.30 – 18.00)
Sabtu (10.00 – 14.30)

drg. Adi Dharma Widjaya, Sp.KG*
Jumat (14.30 – 18.00)

drg. Will Renov, Sp.KG
Sabtu (10.00 – 14.30)

Jadwal Poli Dental
Primecare Clinic Samarinda (WhatsApp 0811-5503-567)

drg. Ephicia Tiara Devi
Selasa, Rabu, Kamis (17.00 – 21.00)
Sabtu (10.00 – 13.00)

drg. Dewi Oktavianti
Senin dan Jumat (17.00 – 21.00)

*(Dokter Spesialis dengan Perjanjian)
**Libur pada hari besar dan tanggal merah

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.