7 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Kamu Wajib Tahu!

blood-cholesterol-report-test-healthcare.jpg

Tahukah kamu, gejala kolesterol tinggi pada tubuh sangat perlu diketahui agar bisa ditangani cepat jika benar terjadi? Jangan diabaikan, kolesterol tinggi berkelanjutan dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan lain.

Termasuk di antaranya yang berkaitan dengan jantung, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Sayangnya, sebagian besar dari gejala kolesterol berlebih kerap luput dan terabaikan karena dianggap hal biasa. Banyak juga yang bahkan tidak sadar dirinya memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuhnya.

Gejala kolesterol tinggi

Berikut ragam tanda dan gejala kolesterol terlalu berlebih yang perlu diwaspadai jika terjadi terlalu sering:

1. Stres

Stres merupakan salah satu gejala kolesterol tinggi, lho. Ini karena saat kadar kolesterol jahat dalam otak terlalu tinggi, organ tersebut jadi sulit untuk mengatur emosi.

Maka dari itu, saat kadar kolesterolmu tinggi maka risiko stres pun kian meningkat.

2. Kenaikan berat badan

Saat kadar kolesterol dalam tubuh sedang tinggi, nafsu makan biasanya akan menurun tetapi berat badan naik drastis dalam jangka waktu yang singkat.

Untuk mencegahnya terjadi, usahakan untuk selalu menjaga pola makan sehat dan rutin melakukan aktivitas fisik, minimal 2-3 kali seminggu.

3. Sering mengantuk

Gejala kolesterol tinggi lainnya yakni membuatmu jadi lebih sering mengantuk, bahkan hampir setiap saat. Alasannya, kadar kolesterol yang berlebihan dapat menghambat aliran darah sehingga aliran oksigen tidak berjalan normal.

Kondisi ini pun dapat membuat kamu jadi mudah mengantuk dan lelah saat sedang melakukan aktivitas.

4. Sering kram terutama di malam hari

Kamu sering kram saat tidur malam? Kondisi ini umumnya terjadi karena kesalahan posisi saat tidur. Tapi kram di malam hari akibat kolesterol tinggi secara khas akan lebih terasa di area telapak kaki, jari-jari, dan tumit.

Saat mengalami kondisi ini, coba luruskan kaki di atas kasur. Setelah itu, pegang telapak kaki lalu dorong ke arah dalam secara perlahan agar aliran darah kembali lancar.

5. Nyeri dada

Gejala kolesterol yang berlebihan selanjutnya adalah nyeri dada yang cukup sering dan intens. Hal ini terjadi karena tingginya kadar kolesterol dapat menimbulkan endapan pada dinding arteri atau atherosklerosis.

Endapan ini lama-kelamaan mengurangi aliran darah arteri dan menyebabkan keluhan nyeri pada dada.

6. Hilang keseimbangan

Jika kamu sering merasa kehilangan keseimbangan, maka bisa saja ini menjadi salah satu gejala kolesterol terlalu berlebih yang sudah cukup parah. Kondisi ini juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda atau gejala stroke.

Kehilangan keseimbangan saat kadar kolesterol tinggi juga dapat diiringi dengan kesulitan menggerakkan mulut, hingga kesulitan untuk berjalan.

7. Ada benjolan di sekitar mata

Gejala yang satu ini sebenarnya cukup jarang terjadi. Meski tidak berbahaya, namun gejala ini merupakan salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan tertentu. Termasuk karena kadar kolesterol yang tinggi atau penyakit kronis seperti diabetes.

Benjolan di sekitar mata atau xanthoma adalah kondisi di mana lemak tumbuh dan berkembang di bawah kulit. Xanthoma sering ditemukan pada daerah kelopak mata berupa gumpalan lemak yang berwarna kekuningan.

Apabila kamu merasa sering mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, lebih baik segera lakukan konsultasi dengan dokter. Sampaikan gejala yang dialami, termasuk juga riwayat kesehatanmu secara lengkap.

Jangan lupa lakukan medical check up dengan promo Periksa Darah Basic di Primecare Clinic, ya! Terdapat juga pemeriksaan trigliserida, kolesterol total, kolesterol HDL dan kolesterol LDL di dalamnya.

Segera hubungi cabang-cabang di bawah ini untuk mendapatkan promonya!

PrimeCare Clinic Panglima Polim 0811-1958-188

PrimeCare Clinic Tebet 0811-8906-625