Dampak Infeksi HPV: Kutil Kelamin hingga Kanker Serviks!

front-view-doctor-holding-anatomic-model.jpg

Human papillomavirus atau HPV adalah jenis virus DNA yang dapat memicu masalah pada kulit kelamin, termasuk di antaranya kutil kelamin hingga menjadi penyebab kanker serviks. Masih ragu buat vaksin buat cegah infeksi HPV?

Tak boleh diabaikan, menurut data dari Profil Kesehatan Indonesia tahun 2021, kanker serviks menempati peringkat kedua setelah kanker payudara, yaitu sebanyak 36.633 kasus atau 17,2% dari seluruh kanker pada wanita.

Jumlah ini memiliki angka mortalitas yang tinggi sebanyak 21.003 kematian atau 19,1% dari seluruh kematian akibat kanker.

Kabar baiknya, kini sudah tersedia vaksinasi HPV yang dapat membantu mencegah risiko infeksi virus ini!

Apa itu HPV (Human papillomavirus)?

HPV adalah jenis virus yang dapat menyebabkan infeksi pada permukaan kulit, umumnya berupa kutil di beberapa area tubuh. Termasuk di antaranya bagian bahu, wajah, kaki, hingga area kelamin.

Virus HPV juga menjadi virus penyebab utama terjadinya kanker serviks pada wanita. Meski begitu, infeksi virus HPV dapat menyerang siapa saja, baik pria (20-24 tahun) maupun wanita (16-19 tahun).

HPV adalah jenis virus yang penularannya dapat terjadi melalui aktivitas seksual. Meski terkadang tidak menimbulkan gejala pada awalnya, namun ketika virus ini berhasil bertahan lama dalam tubuh akan berisiko memunculkan kutil di permukaan kulit.

Jenis-jenis virus HPV

Menurut National Cancer Institute, ada lebih dari 200 jenis virus HPV. Beberapa jenis menyebabkan kutil dan beberapa lainnya dapat menyebabkan kanker.

Jenis HPV yang menular secara seksual terbagi dalam dua kelompok, yaitu:

1. HPV risiko rendah

HPV risiko rendah sebagian besar tidak menyebabkan penyakit, tetapi beberapa jenisnya dapat menyebabkan tumbuhnya kutil di sekitar alat kelamin, anus, mulut, atau tenggorokan.

2. HPV risiko tinggi

HPV risiko tinggi dapat menyebabkan beberapa jenis kanker. Ada sekitar 14 tipe HPV risiko tinggi termasuk HPV 16, 18, 31, 33, 35, 39, 45, 51, 52, 56, 58, 59, 66, dan 68.

Perlu diketahui bahwa HPV16 dan HPV18 bertanggung jawab untuk sebagian besar kanker terkait HPV.

Penyebab infeksi HPV

Penyebab infeksi HPV adalah virus human papillomavirus tipe 6, 11, 16, dan 18 yang sering kali mengakibatkan kutil kelamin dan kanker serviks. Kanker serviks atau kutil akan terbentuk setelah beberapa tahun terpapar virus HPV.

Sering kali HPV disebut sebagai penyakit STD alias sexually transmitted diseases. Adapun beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi HPV:

  • Imun tubuh lemah
  • Memiliki luka terbuka di area kulit
  • Sering berganti pasangan dalam aktivitas seksual
  • Ada riwayat penyakit menular seksual, salah satunya gonore
  • Tidak menjalankan pola hidup yang bersih
  • Kerap berbagi barang pribadi dengan orang lain

Gejala infeksi HPV

Infeksi HPV biasanya tidak menyebabkan gejala khas, sebab imun tubuh akan mengalahkan HPV sebelum terbentuk kutil. Kebanyakan orang dengan HPV risiko tinggi terjangkit tanpa gejala.

Pemeriksaan rutin menjadi satu-satunya cara untuk mengetahui secara pasti infeksi HPV. HPV risiko tinggi sering kali tidak menimbulkan gejala hingga berkembang menjadi kanker.

Pencegahan infeksi HPV dengan vaksin!

Sampai saat ini, belum ditemukan obat yang tepat yang dapat menyembuhkan infeksi akibat paparan HPV. Jadi, paparan virus ini hanya dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi dan kontrol rutin.

Menurut penelitian lain yang juga dilakukan oleh National Cancer Institute, vaksinasi HPV memiliki efektivitas cukup tinggi dalam mencegah masalah kesehatan yang diakibatkan oleh HPV.

Selain itu, vaksin HPV juga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker lain yang terkait dengan HPV, seperti kanker vulva, vagina, anus, dan orofaringeal.

Jika kamu ingin melakukan suntik vaksin HPV, segera amankan reservasimu di Primecare Clinic. Kamu juga bisa sekaligus konsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan terpercaya kami.

Primecare Clinic

Cabang Tebet
(Informasi dan pendaftaran: 0811-8906-625)

Cabang Panglima Polim
(Informasi dan pendaftaran: 0811-1958-188)

Cabang Samarinda
(Informasi dan pendaftaran: 0811-5503-567)

Keyword pencarian:
kanker serviks, infeksi hpv, kanker rahim, hpv, vaksin hpv, suntik hpv, serviks

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.