Daftar Vaksin Penting di Musim Hujan untuk Cegah Sakit

funny-kids-rain-boots-playing-by-puddle.jpg

Saat musim hujan, berbagai penularan penyakit tertentu bisa lebih mudah terjadi terutama akibat perubahan suhu dan cuaca sekitar. Sistem imun tubuh juga biasanya sedang menurun.

Maka dari itu, kamu perlu membentengi sistem imun tubuh dengan menerapkan pola makan sehat. Makan makanan bergizi, minum air putih sesuai kebutuhan, olahraga teratur, dan cukup istirahat.

Selain itu, jangan lupa untuk melengkapi pemberian vaksin sesuai jadwal yang dianjurkan. Yuk ajak keluarga untuk vaksin hanya di Primecare Clinic!

Pilihan vaksin yang penting saat musim hujan

Nah, apa saja pilihan vaksin yang penting untuk didapatkan untuk menguatkan antibodi tubuh di musim hujan ini? Berikut ulasannya:

1. Vaksin pneumonia

Pneumonia pada anak menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai orang tua. Pada tahun 2020, pneumonia dan diare masih menjadi masalah utama yang menyebabkan kematian; pneumonia 14,5% dan diare 9,8%.

Data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2020 juga menunjukkan angka prevalensi pneumonia pada balita tinggi yaitu 3,55 per 100 balita.

Pneumonia dapat menimbulkan gejala demam, batuk, sesak, nyeri telinga, sakit kepala berat. Vaksin pneumonia dapat diberikan pada anak usia 2, 4, dan 6 bulan dengan booster pada usia 12 sampai 15 bulan dan pada dewasa diberikan cukup 1 dosis untuk seumur hidup.

2. Vaksin influenza

Peningkatan kasus influenza banyak terjadi saat musim hujan datang, biasanya ditandai dengan gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, nyeri kepala, nyeri otot, dan mudah lelah.

Vaksin influenza dapat diberikan untuk anak dan dewasa. Pada anak usia 6 bulan sampai 9 tahun, vaksin diberikan sebanyak 2 dosis, diberikan di tahun pertama pemberian dengan interval minimal 4 minggu, kemudian diulang setiap 1 tahun.

Pada anak usia lebih dari 9 tahun, vaksin diberikan sebanyak 1 dosis, diulang setiap 1 tahun. Sedangkan pada dewasa, vaksin diberikan sebanyak 1 dosis setiap 1 tahun.

3. Vaksin hepatitis A

Musim hujan jika sampai menimbulkan banjir juga membuat kondisi lingkungan menjadi sarang penyebaran infeksi penyakit, salah satunya hepatitis A. Penyakit ini menyerang organ hati atau liver dan bersifat sangat menular.

Gejala hepatitis A antara lain kuning pada mata dan kulit, muntah, nyeri perut, demam, dan penurunan nafsu makan.

Vaksin dapat mencegah infeksi serius pada organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Pemberian vaksin ini dapat diberikan untuk anak dan dewasa, mulai usia 12 bulan, sebanyak 2 dosis dengan interval 6 bulan.

4. Vaksin tifoid

Masalah kesehatan lainnya yang juga banyak terjadi saat musim hujan adalah demam tifoid atau tifus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Gejala yang dapat timbul yaitu demam, diare atau konstipasi, nafsu makan berkurang, nyeri perut, dan lemas.

Vaksin dapat mencegah infeksi bakteri penyebab tifus yang menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Vaksin tifoid dapat diberikan untuk anak dan dewasa mulai usia 2 tahun sebanyak 1 dosis, kemudian diulang setiap 3 tahun.

Layanan vaksin terbaik hanya di Primecare Clinic

Pastikan kamu dan keluarga melengkapi kebutuhan vaksin untuk melindungi diri secara maksimal dari penyakit-penyakit berbahaya. Segera lakukan reservasi layanan suntik vaksin di Primecare Clinic cabang terdekat. #MulaidariKamu

Primecare Clinic

Cabang Tebet
(Informasi dan pendaftaran: 0811-8906-625)

Cabang Panglima Polim
(Informasi dan pendaftaran: 0811-1958-188)

Cabang Samarinda
(Informasi dan pendaftaran: 0811-5503-567)

Keyword pencarian:
vaksin PCV, vaksin pneumonia, vaksin flu, vaksin hepatitis, vaksin tifoid, imunisasi, jadwal vaksin anak

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.