Pentingnya Screening untuk Cegah Komplikasi Diabetes

old-senior-asian-male-hand-nasal-swab-testing-rapid-tests-by-himself-detection-sars-co2-virus-home-isolate-quarantine-concept.jpg

Screening rutin merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk mendeteksi dini dan antisipasi penyakit diabetes. Selain itu, cek gula darah juga perlu dilakukan berkala oleh penderita diabetes untuk membantu mengendalikan gejala dan mengevaluasi kadar gula darah normal.

Pemeriksaan ini secara keseluruhan bertujuan untuk mencegah timbulnya komplikasi diabetes ataupun obesitas yang dapat membahayakan tubuh.

Selain itu, ada sejumlah hal yang menjadi alasan penting seseorang melakukan screening secara rutin yaitu:

• Membantu mendiagnosis diabetes dan obesitas
  • Mengevaluasi pencapaian tujuan pengobatan secara keseluruhan
  • Memantau kondisi gula darah demi meminimalkan risiko timbulnya komplikasi yang lebih serius

Beragam jenis pemeriksaan rutin diabetes

Yuk kenali beberapa pilihan pemeriksaan gula darah untuk diabetes:

1. Cek gula darah puasa

Cek gula darah puasa adalah prosedur yang dilakukan dengan memeriksa kadar glukosa atau gula darah pada individu setelah berpuasa selama 8–12 jam. Selama berpuasa, pasien hanya diperbolehkan untuk minum air putih dan perlu menghindari konsumsi suplemen, alkohol, dan merokok.

Sesuai namanya, pemeriksaan ini mengharuskan pasien untuk berpuasa agar hasilnya tidak dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Diharapkan hasil tes yang didapat juga lebih akurat dan efektif untuk mendiagnosis penyakit diabetes.

2. Hemoglobin A1c

Pemeriksaan hemoglobin A1c (HbA1c) merupakan prosedur medis untuk mendeteksi rata-rata kadar  gula darah dalam 2–3 bulan terakhir.

Tes ini dapat membantu memperkirakan keadaan kadar glukosa dalam jangka panjang, mengevaluasi efektivitas pengobatan diabetes, serta menegakkan diagnosis diabetes mellitus.

3. Tes urine

Sebelum menjalankan tes urine, pastikan untuk minum air yang cukup untuk menghasilkan sampel urine yang cukup. Jangan lupa untuk memberitahu dokter seputar obat, vitamin, atau suplemen yang sedang dikonsumsi. Sebab beberapa jenis obat-obatan bisa memengaruhi hasil pemeriksaan.

Secara umum, orang yang sehat tidak akan memiliki glukosa di dalam urinenya. Jadi apabila hasil tes menemukan kamu memiliki glukosa dalam urine, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter guna mengetahui kemungkinan penyebabnya.

Perlu digarisbawahi bahwa tes urine tidak dapat menguji kadar glukosa dalam darah. Tes urine hanya dapat memberikan informasi seputar glukosa yang terkandung dalam urine. Tes glukosa darah adalah tes utama yang digunakan untuk menentukan kadar glukosa sebenarnya.

Screening Diabetes di Primecare Clinic

Jika diabetes terdiagnosis lebih awal, maka pengobatan dapat dilakukan sedini mungkin agar dapat mengurangi risiko komplikasi yang membahayakan.

Kendalikan gula darahmu dengan paket screening diabetes di Primecare Clinic!

diabetes, screening diabetes, gula darah, diabetes melitus, klinik diabetes