Bolehkah Donor Darah saat Puasa?

alarm-clock-white-plate-with-knife-fork-blue-background.jpg

Donor darah menjadi suatu hal yang baik dilakukan secara rutin karena bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi bagaimana aturan tentang donor darah saat puasa? Apakah diperbolehkan?

Seperti diketahui, saat puasa terjadi perubahan pola makan dan istirahat yang terkadang memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Ini karena kamu tidak mengonsumsi makanan dan minuman dalam kurun waktu tertentu.

Maka dari itu, selain kebutuhan nutrisi terkadang tidak terpenuhi, cadangan asupan cairan tubuh cenderung akan berkurang.

Terkadang hal-hal inilah yang membuat sebagian individu khawatir untuk melakukan donor darah saat puasa. Alasannya, saat donor darah sekitar 350–500 cc darah diambil dari tubuh, sehingga dikhawatirkan memengaruhi kondisi kesehatan apabila pendonor sedang berpuasa.

Donor darah saat puasa dari segi medis

Dari segi medis, melakukan donor darah saat sedang berpuasa dinilai aman dan tetap dianjurkan. Bahkan, masih sangat mungkin untuk memperoleh manfaat donor darah meskipun dilakukan saat sedang berpuasa.

Akan tetapi, perlu digarisbawahi bahwa kamu harus mempersiapkan dan memperhatikan kondisi kesehatan sebelum melakukannya. Jangan sampai terlalu memaksakan, apabila kurang memadai.

Adakah efek sampingnya?

Jika kamu kurang memperhatikan asupan nutrisi dan cairan tubuh saat sahur, donor darah saat puasa berisiko menyebabkan tekanan darah rendah (hipotensi). Kondisi tersebut bisa menimbulkan sejumlah gejala, seperti:

  • Pusing dan sakit kepala
  • Mual
  • Pingsan atau kehilangan kesadaran

Efek donor darah saat puasa ini mungkin terjadi karena tubuh kekurangan asupan cairan dan zat besi akibat berkurangnya sel darah merah secara tiba-tiba.

Persiapan sebelum donor darah saat puasa

Jika kamu memang berniat ingin melakukan donor darah, maka persiapkan dengan baik sejak saat sahur dan malam sebelumnya.

Mulai dari mencukupi waktu istirahat, sahur dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, cukup minum air putih, serta hindari dulu konsumsi obat-obatan. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Minum dan makan asupan bergizi saat sahur

Pastikan kamu sahur dan berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Jangan lupa penuhi asupan zat besi harian dengan menu seperti ikan, daging unggas, daging merah, sayuran hijau, serta kacang-kacangan saat sahur.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 4–5 gelas air saat sahur. Hindari dulu konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi, karena berisiko menyebabkan dehidrasi selama berpuasa.

2. Istirahat cukup

Agar tubuh selalu dalam keadaan fit dan tidak lemas, pastikan malam sebelumnya kamu sudah cukup istirahat. Bagi orang dewasa, tidur malam setidaknya selama 7–9 jam.

3. Menghindari konsumsi obat tertentu

Obat-obatan tertentu diketahui dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk mendonorkan darah. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan seseorang tidak memenuhi syarat sebagai pendonor darah.

Tapi perlu diingat, kamu tetap tidak dianjurkan menghentikan obat yang diresepkan sebelum berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berikut merupakan contoh beberapa obat yang penggunaannya harus diwaspadai sebelum donor darah:

  • Obat pengencer darah atau antikoagulan
  • Antiplatelet
  • Antibiotik

Terakhir, upayakan untuk memilih waktu yang tepat jika hendak donor darah kala berpuasa. Kamu bisa memilih waktu seperti pagi hari setelah sahur atau malam hari sesudah berbuka puasa. Pada waktu-waktu tersebut, tubuh berada dalam kondisi yang fit karena memiliki cadangan air serta asupan nutrisi yang memadai.

Kesimpulannya, donor darah memang aman dilakukan dalam kondisi sedang berpuasa. Namun, pastikan tubuh dalam keadaan sehat dan penuhi asupan nutrisi pada saat berbuka dan sahur agar terhindar dari risiko efek donor darah.

Masih ragu? Kamu bisa berkonsultasi dulu dengan tim dokter Primecare Clinic dan screening untuk memastikan kesehatan tubuhmu.

Primecare Clinic

Cabang Tebet
(Informasi dan pendaftaran: 0811-8906-625)

Cabang Panglima Polim
(Informasi dan pendaftaran: 0811-1958-188)

Cabang Samarinda
(Informasi dan pendaftaran: 0811-5503-567)

Keyword pencarian:
puasa, donor darah, donor darah saat puasa, zat besi, tekanan darah rendah

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.