Waspadai Penularan Demam Berdarah Dengue pada Anak

male-doctor-stick-bandaid-boy-after-vaccination-1.jpg

Demam berdarah dengue atau DBD termasuk penyakit menyerupai flu yang dapat menyerang anak-anak dan dewasa. Gejala DBD biasanya berlangsung selama 2–7 hari dengan masa inkubasi 4–10 hari setelah digigit nyamuk yang terinfeksi.

Virus dengue ini ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk betina yang terinfeksi, terutama nyamuk Aedes aegypti.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh American Academy of Pediatrics, demam berdarah disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes betina yang infektif.

Jika seseorang mengalami gejala penyakit yang parah, serta bila gejalanya memburuk pada hari pertama atau kedua setelah demam hilang, segera cek ke dokter karena bisa menjadi indikasi keadaan darurat medis.

Gejala demam berdarah pada anak

Anak-anak rentan mengalami DBD karena sistem kekebalan tubuhnya yang lebih lemah. Jika gejala DBD tidak mendapatkan pengobatan secara tepat, risiko komplikasinya bisa membahayakan kesehatan Si Kecil.

Untuk itu, kenali gejala awal dari demam berdarah dan segera lakukan langkah pencegahan.

Secara umum, gejala DBD lebih sulit terlihat karena mirip dengan demam biasa dan bergantung pada tingkat keparahan penyakit.

Berikut ini tanda-tanda demam berdarah yang perlu diperhatikan:

• Gejala mirip flu yang berlangsung selama 2 hingga 7 hari
  • Demam tinggi hingga mencapai lebih dari 38 derajat Celsius
  • Sakit kepala parah, terutama di bagian belakang mata
  • Mual dan muntah
  • Pembengkakan kelenjar
  • Nyeri sendi, tulang atau otot
  • Ruam pada kulit

Gejala lanjutan seperti gusi berdarah, muntah darah, napas cepat, dan kelelahan/gelisah, jika sudah terjadi maka sebaiknya jangan tunda untuk segera konsultasi ke dokter.

Pencegahan demam berdarah pada anak

Berikut beberapa langkah pencegahan demam berdarah pada anak, yaitu:

1. Perhatikan lingkungan bermain anak

Perlu diketahui bahwa nyamuk Aedes aegypti lebih aktif pada siang dan sore hari. Oleh karena itu, hindari anak-anak untuk bermain di tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, seperti genangan air atau tempat sampah yang tidak ditutup rapat.

2. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Jaga sistem daya tahan tubuh anak tetap kuat untuk membantu melindunginya dari penyakit demam berdarah.

Pastikan anak punya pola makan yang sehat dan cukup istirahat. Selain itu, jangan lupa suntik vaksin dengue untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak.

3. Menjaga kebersihan lingkungan

Membersihkan lingkungan sekitar rumah juga dapat membantu mencegah penularan demam berdarah. Pastikan untuk rutin membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk seperti genangan air atau kolam ikan.

Segera amankan reservasi vaksinmu di Primecare Clinic!

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Segera booking jadwal vaksinasi demam berdarah di Primecare Clinic.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, segera hubungi nomor WhatsApp Primecare Clinic cabang terdekat dari lokasimu:

vaksin, dbd, demam berdarah dengue, vaksin dengue, dengue jakarta