Catat! Ini Tanda Kamu Perlu Segera Cek ke Dokter Mata

front-view-young-attractive-female-white-t-shirt-posing-showing-her-eyes-pink-background.jpg

Saat kamu mulai merasa ada yang tak biasa dengan penglihatan sehari-hari, sebaiknya jangan tunda untuk segera cek ke dokter. Nantinya, dokter akan memeriksa segala kemungkinan penyebab dan tindakan yang perlu dilakukan.

Hindari mendiagnosis sendiri terkait masalah penglihatan, termasuk membeli kacamata tanpa resep dokter. Hal ini dikhawatirkan justru dapat memperparah masalah yang terjadi pada mata.

Tanda-tanda gangguan penglihatan

Berikut beberapa gejala gangguan penglihatan yang perlu segera diperiksakan ke dokter:

1. Buram saat melihat layar komputer

Jika pekerjaan sehari-hari membuat kamu perlu seharian menatap layar komputer, lalu tiba-tiba tulisan atau gambar di monitor mendadak terlihat buram maka ini bisa jadi gejala awal rabun.

2. Mata lelah

Kondisi ini rentan terjadi ketika kamu sebenarnya memiliki penglihatan yang buram, tetapi tetap memaksakan diri melihat tanpa bantuan kacamata.

Tanpa disadari, kamu jadi sering memicingkan mata atau sering menggosok dan mengedipkan mata demi memperjelas penglihatan.

Selain itu, mata lelah bisa juga terjadi saat kamu terlalu lama mengemudi atau menatap layar monitor.

3. Penglihatan tampak berbayang

Jika ini terjadi, kemungkinan kamu memiliki masalah pada kornea atau otot mata. Bisa juga menjadi salah satu pertanda katarak. Untuk memastikannya, kamu perlu segera cek ke dokter mata.

4. Sulit melihat di malam hari

Penglihatan yang semakin tidak jelas atau tampak kabur di malam hari juga salah satu pertanda adanya masalah pada kesehatan matamu. Ini bahkan juga termasuk salah satu gejala katarak.

5. Penglihatan tampak buram

Saat kamu kesulitan melihat sesuatu dengan jelas di jarak jauh ataupun dekat, maka kamu mungkin mengalami rabun jauh atau rabun dekat.

Hal ini juga perlu penanganan dari dokter mata, misalnya dengan menggunakan kacamata sebagai alat bantu.

6. Sulit membiasakan dari gelap ke terang

Saat kondisi ini terjadi, maka berarti otot yang membantu mata untuk berkontraksi melemah. Biasanya diakibatkan oleh bertambahnya usia.

7. Muncul lingkaran cahaya pada penglihatan

Jika saat kamu sedang melihat suatu objek tetapi muncul lingkaran cahaya meskipun tidak terdapat objek yang memantulkan cahaya, maka kemungkinan ada gangguan penglihatan yang kamu alami.

Pada rabun gelap misalnya, lingkaran cahaya ini biasanya lebih sering muncul saat kamu sedang melihat di dalam gelap.

Jangan tunda untuk periksa ke dokter spesialis mata

Memeriksakan diri ke dokter mata sebaiknya tidak ditunda lagi jika kamu sudah intens merasa ada masalah saat melihat. Terutama dalam hal keburaman maupun pencahayaan.

Dokter akan memeriksa apa yang menjadi penyebab, serta memberikan tindakan medis sesuai dengan yang diperlukan. Ingat, hindari membeli kacamata atau lensa kontak dengan minus tanpa resep dokter, ya!

Jadwal Praktik Dokter
Poli Mata Primecare Clinic

dr. Dewi Megasari Juhrie, Sp.M
Senin s/d Sabtu, 19.00 – selesai