Jangan Diabaikan, Cegah Flu dengan Vaksin Sekarang Juga!

front-view-woman-blowing-nose.jpg

Virus flu adalah infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan atas dan bawah. Berbagai komplikasi rentan menyerang termasuk seperti bronkitis, pneumonia, infeksi sinus, hingga ensefalitis (radang otak). Sudahkah kamu mendapatkan vaksin flu?

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah paparan virus flu yakni dengan vaksin. Vaksin flu bekerja dengan cara merangsang tubuh untuk menghasilkan antibodi terhadap virus flu. Antibodi ini akan membantu melindungi tubuh dari infeksi flu.

Komplikasi akibat virus flu

Komplikasi akibat virus flu dapat terjadi pada orang dewasa, anak-anak, dan juga orang tua. Komplikasi yang paling umum adalah:

1. Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan pada bronkus, yaitu saluran udara yang membawa udara dari tenggorokan ke paru-paru. Bronkitis dapat menyebabkan batuk berdahak yang berlangsung selama lebih dari dua minggu.

2. Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang dapat disebabkan oleh berbagai bakteri, virus, atau jamur. Pneumonia dapat menyebabkan sesak napas, batuk berdahak, dan demam tinggi.

3. Infeksi telinga

Otitis media adalah infeksi telinga tengah yang dapat menyebabkan sakit telinga, demam, dan kesulitan mendengar.

4. Infeksi sinus

Infeksi sinus adalah peradangan pada sinus, yaitu rongga berisi udara di sekitar hidung. Infeksi sinus dapat menyebabkan sakit kepala, hidung tersumbat, dan demam.

5. Ensefalitis

Ensefalitis adalah peradangan pada otak yang dapat menyebabkan demam tinggi, sakit kepala, kejang, dan perubahan perilaku.

Gejala flu

Berbeda dengan common cold, gejala flu biasanya akan menyerang secara tiba-tiba, cenderung lebih parah, mengganggu aktivitas sehari-hari dan dapat berlangsung lebih lama. Beberapa gejala termasuk seperti:

• Pilek dan hidung tersumbat
  • Menggigil
  • Batuk dan bersin-bersin
  • Nyeri tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Mual dan/atau muntah
  • Nyeri otot
  • Tidak nafsu makan

Pengobatan infeksi virus flu

Untuk mempercepat proses pemulihan dari flu, terdapat sejumlah perawatan yang bisa dilakukan di rumah, di antaranya:

• Cukup istirahat dan hindari stres
  • Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang
  • Mencuci tangan secara rutin untuk menghindari penyebaran virus flu
  • Menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin menggunakan tisu, lalu buang tisu tersebut ke tempat sampah
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh
  • Mengonsumsi obat penurun demam dan pereda nyeri sesuai anjuran dokter

Seberapa perlu vaksin untuk cegah virus flu?

Dikutip dari laman Kemenkes RI, flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, yaitu hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza tipe A, B, dan C.

Dalam banyak kasus, influenza mungkin hanya menyebabkan gejala ringan, tetapi pada bayi dan balita, virus ini dapat menyebabkan komplikasi serius.

Vaksinasi menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah flu. Vaksin flu diberikan setiap tahun dan dapat membantu melindungi dari berbagai jenis virus flu. Vaksin ini dapat diberikan mulai usia 6 bulan. Untuk suntikan pertama pada usia 6 bulan hingga 8 tahun, diberikan 2 dosis dengan interval 4 minggu. Untuk anak usia 9 tahun ke atas cukup satu kali.

Selanjutnya pengulangan atau dosis booster dilakukan setiap tahun satu kali pada bulan yang sama.

Pelayanan vaksin flu di Primecare Clinic

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pastikan kamu mendapatkan vaksin flu secara berkala sesuai kebutuhan. Segera lakukan reservasi layanan suntik vaksin flu di Primecare Clinic cabang terdekat. #MulaidariKamu

vaksin flu, flu, influenza, vaksin influenza, imunisasi, jadwal vaksin anak