Tak Hanya Anak-anak, Orang Dewasa Juga Perlu Vaksin!

close-up-patient-after-being-vaccinated.jpg

Pemberian vaksin selama ini lebih dikenal ‘hanya’ untuk anak-anak. Padahal kenyataannya, orang dewasa juga perlu mendapatkan vaksin sesuai dengan kebutuhannya, lho.

Vaksinasi merupakan salah satu bentuk upaya melindungi tubuh dari penyakit yang aman dan efektif. Melalui vaksinasi, tubuh jadi punya antibodi yang lebih kebal terhadap suatu infeksi tertentu.

Seiring bertambahnya usia, risiko kamu untuk mengalami infeksi penyakit justru kian meningkat. Selain itu, perlindungan yang dimiliki tubuh dari vaksinasi saat usia anak-anak juga menurun seiring waktu.

Terlebih jika gaya hidup dan pekerjaan sering kali membuat kamu berada pada situasi yang lebih berisiko terhadap penyakit baru. Misalnya karena faktor endemis atau ada virus baru.

Pilihan vaksin untuk orang dewasa

Jadwal vaksinasi untuk orang dewasa sebenarnya sebagian merupakan booster atau lanjutan dari jadwal vaksinasi anak-anak. Berikut beberapa pilihannya:

1. Vaksin influenza

Vaksin ini diberikan untuk menurunkan risiko penyakit influenza, yaitu infeksi virus yang ditandai dengan demam, batuk, dan pilek. Penularannya melalui air liur (droplet) dan kontak erat dari orang yang terinfeksi. Vaksin influenza diberikan 1 kali rutin setiap tahun.

2. Vaksin varicella

Varicella/varisela (atau disebut juga cacar air) adalah penyakit yang sangat menular, yang disebabkan oleh virus Varisela zoster. Virus ini mudah menular melalui kontak dengan orang yang terinfeksi virus varicella. Orang dewasa yang belum pernah mendapat vaksinasi varicella dan belum pernah terinfeksi, diberikan vaksinasi 2 kali dengan jarak minimal 28 hari.

3. Vaksin HPV

Untuk melindungi diri dari kanker serviks dan infeksi lainnya, jangan lupa vaksinasi HPV. Kamu bisa mendapatkan vaksin HPV hingga usia 26 tahun atau sebelum kontak seksual pertama.

Pemberian vaksin HPV sebaiknya dilakukan saat sebelum menikah. Karena jika sudah hamil atau mengalami penyakit sedang atau berat, kamu tidak diperbolehkan menerima vaksinasi HPV.

4. Vaksin pneumonia

Pneumonia merupakan radang paru-paru akibat infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae. Orang dewasa yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, riwayat asma, serta perokok lebih berisiko mengalaminya.

Vaksin pneumonia diberikan dengan tujuan untuk memberikan stimulus pada tubuh guna memproduksi antibodi yang dapat melawan bakteri dan virus.

5. Vaksin meningitis

Meningitis adalah penyakit peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Penyebabnya yakni termasuk infeksi bakteri, virus, jamur atau parasit.

Menurut laman Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, gejala meningitis terkadang sulit dikenali, karena penyakit ini memiliki gejala awal yang serupa dengan flu, seperti demam dan sakit kepala.

Nah, vaksin meningitis pun penting untuk merangsang imun tubuh membentuk antibodi.

6. Vaksin hepatitis

Menurut Kemenkes RI, pengobatan hepatitis pada umumnya bersifat suportif berupa pemberian cairan dan diet yang adekuat, serta pengawasan ketat adanya tanda kegagalan hati akut.

Vaksin menjadi salah satu cara mencegah hepatitis A dan B yang efektif. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.

7. Vaksin tifoid

Efektivitas vaksin tifoid dalam mencegah tifus cukup tinggi, yaitu mencapai 50–80%. Meski begitu, pemberian vaksin akan lebih efektif jika dibarengi dengan upaya menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola makan sehat.

Vaksin tifoid juga direkomendasikan kepada orang dewasa yang rentan terserang tifus, seperti:

  • Orang yang tinggal berdekatan dengan penderita tifus
  • Tenaga medis atau pekerja laboratorium yang terpapar bakteri typhi
  • Bekerja atau bepergian ke daerah di mana demam tifoid sering terjadi

Demikian ulasan tentang macam-macam vaksin yang penting didapat oleh orang dewasa. Tak perlu bingung, kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim dokter di Primecare Clinic.

Kamu bisa mendapatkan layanan vaksinasi dengan tim dokter profesional dan terbaik hanya di Primecare Clinic. Segera lakukan reservasi layanan suntik vaksin di Primecare Clinic cabang terdekat. #MulaidariKamu

Primecare Clinic

Cabang Tebet
(Informasi dan pendaftaran: 0811-8906-625)

Cabang Panglima Polim
(Informasi dan pendaftaran: 0811-1958-188)

Cabang Samarinda
(Informasi dan pendaftaran: 0811-5503-567)

Keyword pencarian:
vaksin PCV, vaksin pneumonia, vaksin flu, vaksin hepatitis, vaksin tifoid, imunisasi, jadwal vaksin

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.