Vaksin PCV: Cegah Penyakit Meningitis dan Pneumonia

ill-girl-with-mask.jpg

Vaksin PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine) adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah infeksi bakteri pneumokokus. Bakteri ini diketahui dapat menyebabkan berbagai penyakit serius termasuk pneumonia, meningitis, dan sepsis.

Vaksin ini mengandung bagian dari bakteri pneumokokus yang telah dimodifikasi agar tidak berbahaya. Vaksin ini bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi yang berfungsi melawan bakteri pneumokokus.

Seberapa penting vaksinasi PCV?

Vaksin PCV bekerja dengan merangsang sistem imun tubuh untuk memproduksi antibodi yang berfungsi melawan infeksi bakteri pneumokokus.

Utamanya, vaksin tersebut menjadi salah satu jenis vaksin yang termasuk dalam imunisasi rutin anak-anak. Namun, orang dewasa yang belum pernah atau belum mendapatkan dosis lengkap juga dianjurkan untuk melakukan vaksinasi PCV guna memutus penularan infeksi pneumokokus yang mudah menyebar melalui kontak langsung.

Siapa yang direkomendasikan mendapat vaksin PCV?

Vaksin PCV direkomendasikan untuk diberikan kepada bayi dan anak-anak di bawah usia 2 tahun.

Selain itu, vaksin ini juga direkomendasikan untuk diberikan kepada orang dewasa yang berisiko tinggi terkena infeksi bakteri pneumokokus, seperti orang dewasa berusia 65 tahun ke atas dan orang dewasa dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, paru-paru, atau diabetes.

Vaksin pneumokokus ini diberikan dalam 3 dosis, yaitu pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Lalu dosis booster diberikan pada usia 12-15 bulan. Vaksin ini diberikan melalui suntikan di bawah kulit.

Untuk orang dewasa, vaksin diberikan 1 kali dosis untuk seumur hidup.

Pada pasien dengan kondisi medis tertentu, pengaturan dosis vaksin diberikan sesuai dengan anjuran dokter. Namun, penderita penyakit kronis umumnya dianjurkan untuk menerima vaksin PCV sebanyak 1 kali dosis setiap 5 tahun sekali.

Manfaat vaksin PCV

Vaksin ini sangat efektif dalam mencegah infeksi bakteri pneumokokus. Vaksin ini telah terbukti dapat mengurangi risiko pneumonia, meningitis, dan sepsis pada bayi dan anak-anak.

Berikut adalah beberapa manfaat vaksinasi PCV:

1. Mencegah pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang dapat menyebabkan kematian, terutama pada bayi dan anak-anak. Vaksin dapat mengurangi risiko pneumonia sebesar 75%.

2. Mencegah meningitis

Meningitis adalah infeksi selaput otak yang dapat menyebabkan kerusakan otak, bahkan kematian.

3. Mencegah sepsis

Sepsis adalah infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh dan dapat menyebabkan kematian.

Dapatkan vaksin PCV di Primecare Clinic

Vaksin PCV merupakan salah satu vaksin yang paling penting untuk diberikan kepada bayi dan anak-anak. Vaksin ini dapat membantu melindungi anak-anak dari berbagai penyakit serius yang dapat menyebabkan kematian.

Pneumonia adalah salah satu penyakit menular yang merupakan penyebab utama kematian pada anak-anak di dunia. Penyakit ini dapat diobati jika terdiagnosis sedini mungkin serta dapat dicegah dengan vaksinasi.

Pastikan kamu mendapatkan vaksin untuk melindungi diri secara maksimal. Segera lakukan reservasi layanan suntik vaksin di Primecare Clinic cabang terdekat. #MulaidariKamu

vaksin PCV, pneumokokus, meningitis, pneumonia, imunisasi, jadwal vaksin anak