Vaksin Dengue: Siapa yang Memerlukan dan Apa Manfaatnya?

vaccination-center-with-doctor-patient.jpg

Vaksin dengue kini sudah tersedia untuk mencegah risiko penyakit infeksi dengue. Seperti diketahui, demam berdarah dengue (DBD) telah menjadi penyakit paling umum dan tersebar pada daerah subtropis maupun tropis seperti Indonesia.

Maka dari itu, selain menjaga kebersihan, langkah pencegahan dengan suntik vaksin pun dinilai sangat efektif. Sebab menurut data Kemenkes RI, kasus demam berdarah pada tahun 2022 mencapai 143.266 orang sakit dan 1.237 orang meninggal dunia.

Apa itu vaksin dengue dan siapa saja yang memerlukannya? Berikut penjelasan lengkapnya!

Apa itu vaksin dengue?

Imunisasi dengue adalah jenis vaksin untuk mencegah infeksi dengue, sehingga dipercaya mampu mengurangi risiko seseorang terkena infeksi dengue yang berat.

Diketahui infeksi dengue yang berat memiliki risiko komplikasi berbahaya, seperti terjadinya kebocoran plasma darah atau mengalami syok. Kondisi itulah yang dapat menyebabkan kematian pada beberapa kasus infeksi berat DBD.

Virus dengue merupakan penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan penularannya lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti betina.

Vaksin mengandung virus DBD yang sudah mati atau dilemahkan. Hal ini akan membantu sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi yang berfungsi untuk mengenali potensi zat asing dan melawan virus atau bakteri yang masuk ke tubuhnya.

Bagaimana cara kerja vaksin dengue?

Vaksin DBD terdiri dari empat serotipe virus DBD yang dilemahkan, sehingga kamu memiliki kekebalan terhadap virus DBD.

Berdasarkan studi yang dimuat dalam The New England Journal of Medicine, vaksin DBD dapat mencegah infeksi demam berdarah secara keseluruhan sebesar 80,2 persen.

Setelah suntik vaksin DBD, sistem kekebalan tubuh dapat mengenali serotipe virus DBD jika ada yang masuk ke dalam tubuh.

Sistem kekebalan tubuh kemudian akan memproduksi lebih banyak antibodi sehingga penyakit DBD dapat tubuh cegah.

Siapa yang perlu mendapatkan vaksin ini?

Vaksin DBD dapat diberikan mulai dari anak usia 6 tahun sampai dengan orang dewasa 45 tahun.

Berbeda dengan vaksin-vaksin lain yang biasanya memiliki jadwal khusus, vaksin dengue bisa diberikan kapan saja.

Tetapi supaya lebih aman, tak ada salahnya untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mendapatkan jadwal imunisasi yang tepat.

Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan lingkungan

Imunisasi hanya salah satu upaya untuk mencegah infeksi dengue. Faktor-faktor lain seperti menjaga kebersihan lingkungan juga penting dilakukan guna mengurangi penyebaran virus.

Langkah-langkah tersebut termasuk seperti:

  • Melakukan fogging
  • Menerapkan prinsip 3M Plus (menutup, menguras, mendaur ulang serta menghindari gigitan nyamuk).

Segera booking jadwal vaksinasi demam berdarah di Primecare Clinic. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, segera hubungi nomor WhatsApp Primecare Clinic cabang terdekat dari lokasimu:

Primecare Clinic

Panglima Polim (0811-1958-188)

Tebet (0811-8906-625)

Samarinda (0811-5503-567)

Keyword pencarian:
vaksin, dbd, demam berdarah dengue, vaksin dengue, dengue jakarta

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.