7 Penyebab Sakit Perut, Kapan Perlu Cek ke Dokter?

young-woman-haviing-abdominal-pain-because-menstruation-lying-couch-holding-her-stomach.jpg

Sakit perut menjadi salah satu keluhan yang umum dialami, terutama berkaitan dengan masalah pencernaan. Dalam kasus-kasus tertentu, penyebab sakit perut sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Selain muncul gejala nyeri di bagian perut, kadang bisa juga disertai dengan keluhan lain seperti kram, mulas, atau bahkan sensasi tertusuk pada perut.

Pada umumnya, keluhan sakit perut rentan terjadi akibat masalah pencernaan, perut kembung, makanan yang terlalu pedas atau asam, dan lain-lain.

Sementara itu, sakit perut yang intens dan terus-menerus pada wanita juga perlu diperhatikan karena mungkin disebabkan oleh masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem reproduksi.

Macam-macam penyebab sakit perut

Berikut beberapa macam penyebab sakit perut yang perlu kamu waspadai:

1. Radang usus buntu

Sakit perut akibat radang usus buntu atau apendisitis biasanya memiliki ciri khas seperti nyeri muncul selama beberapa minggu atau lebih, saat kambuh bisa intens hingga lebih dari 4 jam, dan disertai dengan gejala tambahan seperti muntah, demam, dan perut membengkak.

2. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal memiliki gejala berupa sakit di bagian bawah iga sebelah kanan. Bisa juga nyeri di perut intens dimulai dari pinggang bagian belakang di bawah tulang iga dan menjalar ke selangkangan.

Kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh adanya infeksi ginjal (pielonefritis) atau batu ginjal yang ditandai juga dengan rasa sakit saat buang air kecil (BAK).

3. Hernia

Hernia adalah kondisi di mana ada bagian dari usus yang terdorong masuk di daerah yang lemak pada dinding perut. Jika usus yang terdorong tersebut terjepit, aliran darah ke daerah itu terhambat, sehingga menimbulkan rasa nyeri atau sakit.

Nyeri perut akibat hernia biasanya terasa semakin parah saat kamu membungkuk juga.

4. GERD

GERD atau Gastroesofageal refluks disease adalah kondisi di mana asam dari lambung berbalik kembali ke esofagus, sehingga menyebabkan peradangan nyeri yang rasanya seperti terbakar. Sakit perut akibat GERD biasanya timbul di perut bagian tengah atas.

5. Irritable bowel syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan berupa kumpulan gejala nyeri perut yang hilang timbul, konstipasi atau diare. Selain itu, gejala ini mungkin juga timbul karena adanya kanker kolon. Kondisi IBS dan kanker kolon juga dapat ditandai dengan kehilangan berat badan dan buang air besar (BAB) bercampur darah.

6. Radang lambung

Radang lambung atau gastritis gejalanya sering tampak samar dan salah dikenali sebagai gejala gangguan pencernaan lain. Akan tetapi, gejala gastritis yang paling sering muncul adalah hilangnya nafsu makan, mual dan muntah, sakit perut bagian atas, serta cepat merasa kenyang meskipun baru makan sedikit.

7. Infeksi batu empedu

Kondisi batu empedu yang tersangkut adalah penyebab umum nyeri dan pembengkakan kandung empedu. Kondisi ini menyebabkan kolik bilier yaitu nyeri perut hebat yang memuncak dan kemudian perlahan mereda.

Kapan perlu cek ke dokter?

Pengobatan sakit perut bisa berbeda-beda sesuai penyebab dan kondisi pasien. Misalnya, jika penyebab sakit perut adalah pola makan yang kurang baik, dokter akan menyarankan perubahan pola makan.

Sementara itu, apabila sakit perut disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, dokter mungkin perlu meresepkan obat antibiotik.

Segera cek ke dokter jika kamu merasakan sakit perut yang tak kunjung membaik dan tidak jelas apa penyebabnya. Termasuk keluhan seperti:

  • Perut sakit terus-menerus
  • Mual atau muntah
  • Adanya darah pada tinja, urine, atau muntahan
  • Penyakit kuning atau jaundice (menguningnya mata dan kulit)
  • Nyeri pada bagian lain dari tubuh
  • Sesak napas atau gejala yang memburuk

Punya keluhan sakit perut berkepanjangan? Atau sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari? Yuk lakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam Primecare Clinic cabang terdekat lokasimu.

Jadwal praktik dokter
Poliklinik Penyakit Dalam Primecare Clinic

Cabang Tebet
(Informasi dan pendaftaran: 0811-8906-625)

dr. Tirza, Sp.PD
Senin s/d Kamis 13.00 – 15.00

dr. Asril Bahar, Sp.PD
Senin s/d Sabtu 08.15 – 10.30

Dr. Anak Agung Arie W, Sp. PD, FINASIM
Senin 18.00 – 20.00
Sabtu 14.00 – 15.00

Cabang Panglima Polim
(Informasi dan pendaftaran: 0811-1958-188)

dr. Abdul Haris, Sp.PD
Senin s/d Jumat 07.30 – 09.00

dr. M. Ade, Sp.PD
Senin dan Kamis 13.00 -15.00
Selasa dan Rabu 16.00 – 18.00

dr. Renti Roro, Sp.PD
Senin dan Kamis 16.00 – 18.00

Cabang Samarinda
(Informasi dan pendaftaran: 0811-5503-567)

dr. Andi Anwar, Sp.PD
Senin s/d Jumat 13.00 – selesai

dr. Indriaty Sasongko, Sp.PD
Senin s/d Jumat 15.00 – selesai
Sabtu 11.00 – selesai

*(Dokter Spesialis dengan Perjanjian)

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.