5 Penyakit ‘Langganan’ di Musim Hujan, Salah Satunya DBD!

young-asia-lady-nurse-giving-covid-19-flu-antivirus-vaccine-shot-male-patient-wear-face-mask-protection-from-virus-disease.jpg

Memasuki musim hujan, waspada berbagai penyakit jadi lebih mudah menyerang! Persiapan pun perlu kamu lakukan untuk membentengi tubuh dari risiko penyakit-penyakit ini, termasuk dengan vaksinasi. Nah, apa saja penyakit musim hujan yang banyak terjadi?

Dikutip dari laman Kemenkes RI, setidaknya ada lima penyakit penyerta musim hujan yang perlu diwaspadai. Apa saja?

Daftar penyakit musim hujan yang perlu diwaspadai

Berikut ulasan beberapa penyakit penyerta musim hujan yang harus kamu ketahui, di antaranya adalah:

1. Influenza

Influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, yaitu hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza tipe A, B, dan C.

Dalam banyak kasus, influenza mungkin hanya menyebabkan gejala ringan, tetapi pada bayi dan balita, virus ini dapat menyebabkan komplikasi serius.

Dilaporkan oleh Kemenkes bahwa pemberian vaksin flu tahunan adalah cara pencegahan utama.

2. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam Berdarah Dengue atau DBD merupakan salah satu penyakit yang sangat perlu diwaspadai. Ini karena DBD merupakan masalah kesehatan serius yang mampu mengancam nyawa seseorang.

Penyebab penyakit DBD sendiri adalah gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini sangat identik dengan musim hujan, sehingga masyarakat diharapkan bisa menerapkan sikap waspada dengan menerapkan 3M Plus.

DBD kini juga bisa dicegah dengan vaksinasi. Vaksin DBD dapat menurunkan risiko infeksi virus dengue yang merupakan penyebab demam berdarah dan mengurangi kasus DBD serius yang memerlukan perawatan intensif di rumah sakit.

3. Diare

Penyakit yang rentan terjadi di musim hujan juga termasuk diare, karena berkaitan dengan masalah lingkungan yang kotor akibat banjir.

Diare rotavirus adalah peradangan saluran cerna yang disebabkan oleh virus rotavirus. Selain sering buang air besar dengan kondisi tinja encer atau cair, gejala lain termasuk demam, muntah, dan sakit perut.

Vaksin rotavirus mampu mencegah infeksi saluran cerna akibat strain Rotavirus melalui makanan atau benda yang terkontaminasi.

4. Penyakit kulit

Selain diare, masalah yang mudah muncul saat musim hujan berkaitan dengan kotornya lingkungan adalah penyakit kulit.

Beberapa contoh penyakit kulit yang patut diwaspadai di antaranya biang keringat, tinea atau kurap, psoriasis, dan infeksi kuku.

5. Demam tifoid

Masalah kesehatan lain yang banyak terjadi saat musim hujan adalah demam tifus atau demam tifoid. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Gejala yang muncul termasuk demam, diare atau konstipasi, nafsu makan berkurang, nyeri perut, dan lemas.

Cegah penyakit ini dengan vaksin tifus atau tifoid. Vaksin tifoid dapat diberikan untuk anak dan dewasa mulai usia 2 tahun sebanyak 1 dosis, kemudian diulang setiap 3 tahun.

Lengkapi jadwal vaksinmu hanya di Primecare Clinic!

Pastikan kamu dan keluarga sudah melengkapi catatan vaksin sesuai jadwalnya. Jika belum, konsultasikan ke Primecare Clinic untuk tahu mana saja vaksin yang bisa diberikan segera.

Tenang, kami pastikan kamu mendapatkan layanan vaksinasi terbaik dengan tim dokter Primecare Clinic. Segera lakukan reservasi layanan suntik vaksin di Primecare Clinic cabang terdekat. #MulaidariKamu

Primecare Clinic

Cabang Tebet
(Informasi dan pendaftaran: 0811-8906-625)

Cabang Panglima Polim
(Informasi dan pendaftaran: 0811-1958-188)

Cabang Samarinda
(Informasi dan pendaftaran: 0811-5503-567)

Keyword pencarian:
vaksin PCV, vaksin pneumonia, vaksin flu, vaksin hepatitis, vaksin tifoid, imunisasi, jadwal vaksin

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.