Pentingnya Cukup Tidur Sebelum Suntik Vaksin COVID-19

beautiful-asian-girl-sleeps-her-bed-with-white-sheets-warm-winter-duvet-smiling-her-sleep-drea.jpg

Tetap jaga kesehatan dan minimalkan risiko penularan COVID-19 dengan suntik vaksin! Nah, agar hasilnya optimal jangan lupa terapkan pola hidup sehat dan cukup tidur sebelum suntik vaksin, ya.

Seperti diketahui, suntik vaksin merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga tubuh tetap kuat mencegah penularan COVID-19.

Kenapa perlu cukup tidur sebelum vaksinasi COVID-19?

Perlu diketahui bahwa vaksinasi tak hanya menurunkan risiko penularan, tetapi juga mengurangi keparahan gejala jika infeksi terjadi. Saat seseorang telah mendapatkan vaksin, maka antibodi di dalam tubuhnya lebih mampu melawan penyakit tersebut ketika terpapar.

Berdasarkan penjelasan WHO dalam situs resminya, menjalani vaksin tak hanya melindungi diri sendiri tapi juga melindungi orang-orang yang di sekitar.

Apabila kamu ingin menjalani suntik vaksin COVID-19, perhatikan persiapannya. Termasuk salah satunya dengan tidur cukup pada malam sebelum jadwal suntik.

Tidur memberi pengaruh kuat terhadap sistem imun di dalam tubuh. Tidur yang cukup dapat menurunkan risiko infeksi dan membantu tubuh merespons vaksin dengan lebih baik.

Saat suntik vaksin, tubuh menerima zat asing baik itu virus yang sudah dimatikan ataupun hasil rekayasa gen virus untuk merangsang respons antibodi di dalam tubuh. Dengan demikian, vaksin ‘mengajarkan’ sistem imun untuk mengenali virus dan membuat antibodi untuk melawan infeksi jika nantinya terjadi.

Jadi, dapat disimpulkan tidur cukup bisa membuat tubuh Anda lebih baik dan siap dalam membentuk antibodi , sehingga kemungkinan timbulnya efek samping vaksin jadi lebih ringan.

Risiko dampak jika kurang tidur sebelum suntik vaksin

Hobi begadang dan kurang tidur sudah terbukti lama-kelamaan dapat merusak cara tubuh dalam melindungi dirinya sendiri. Ini karena jumlah sel darah putih, sel sistem kekebalan tubuh yang harusnya melawan serbuan virus, jadi berkurang.

Di samping itu, kurang tidur juga membuat tubuh mengalami penurunan respons imun melalui sel T yang menjadi bagian dari sel imun.

Saat sedang kekurangan tidur, kadar hormon stres juga akan meningkat. Akibatnya, kadar integrin yakni molekul yang membantu sel T menempel pada sel yang terinfeksi virus akan menurun.

Hal tersebut membuat kinerja sel T menjadi kurang efektif dalam melindungi tubuh melawan infeksi. Alhasil, tidak cukup tidur sebelum vaksin memungkinkan efek samping yang muncul akan jadi lebih berat.

Tekanan darah juga dipengaruhi oleh cukup tidur?

Sebelum mengikuti vaksin, biasanya tekanan darahmu juga akan diperiksa terlebih dahulu. Jika tensi tinggi, maka kamu kemungkinan besar tidak bisa mengikuti suntik vaksin dan perlu membuat jadwal di lain waktu.

Perlu diketahui bahwa tekanan darah juga bisa dipengaruhi oleh kurang tidur. Ketika kamu kurang tidur, tekanan darah bisa melonjak naik. Kondisi tersebut bisa mengganggu kelancaranmu untuk mendapatkan vaksin.

Suntik vaksin COVID-19 tersedia di Primecare Clinic!

Jangan lupa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa menerima vaksin yang paling sesuai kebutuhanmu. Jika perlu, kamu dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan jadwal yang tepat untuk suntik vaksin COVID-19.

Untuk informasi dan pendaftaran, hubungi Primecare Clinic cabang terdekat:

Primecare Clinic

Cabang Tebet (0811-8906-625)
Cabang Panglima Polim (0811-1958-188)
Cabang Samarinda (0811-5503-567)

Keyword pencarian:
vaksin, vaksin flu, vaksin covid, covid, covid 19, vaksin liburan

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.