Kapan Waktu yang Tepat untuk Suntik Vaksin Influenza?

image-sick-korean-woman-home-covered-warm-clothes-scarf-feeling-sick-catching-cold.jpg

Saat musim pancaroba, karena berbagai faktor penyebab tubuh sering kali jadi lebih rentan terkena penyakit. Termasuk di antaranya seperti asma, sakit kepala, flu, dan gangguan pencernaan.

Maka dari itu, musim pancaroba pun kerap dianggap sebagai salah satu waktu yang tepat untuk melakukan suntik vaksin influenza atau vaksin flu.

Waktu yang tepat untuk suntik vaksin flu

Terdapat waktu tertentu yang disarankan untuk melakukan vaksinasi flu. Tujuannya agar sistem kekebalan tubuh lebih optimal untuk mencegah terjadinya infeksi penyakit flu.

Nah, lalu kapan waktu yang tepat untuk melakukan suntik vaksin influenza? Berikut beberapa pilihan waktunya:

1. Musim pancaroba

Musim pancaroba merupakan fase pergantian antara musim hujan ke musim kemarau, yang diikuti dengan perubahan tekanan pada udara dan suhu. Adanya perubahan pada kondisi ini kerap menjadi waktu pesat berkembangnya kuman dan virus.

Kondisi ini tidak hanya berdampak pada orang yang daya tahan tubuhnya rendah, tetapi juga bagi orang yang biasanya tidak mudah terserang penyakit. Salah satu penyakit yang umum dialami pada musim pancaroba adalah flu.

Untuk membantu melindungi tubuh dari virus penyebab flu di musim pancaroba, kamu dapat melakukan suntik vaksin influenza setahun sekali.

2. Pada anak: mulai usia 6 bulan

Pada anak-anak, suntik vaksin influenza sudah bisa dilakukan dari saat usianya menginjak 6 bulan. Untuk anak-anak berusia kurang dari 9 tahun dan belum pernah vaksin sebelumnya, mereka perlu menerima 2 dosis vaksin yang berjarak paling tidak 4 minggu.

3. Satu tahun sekali

Untuk memaksimalkan daya tahan tubuh mencegah flu, kamu sebaiknya melakukan vaksinasi influenza setiap satu tahun sekali. Vaksin flu baru diproduksi setiap tahun untuk melindungi tubuh selama musim flu mendatang.

Efektivitas vaksinasi flu dapat menurun seiring berjalannya waktu, sehingga suntik vaksin flu setiap tahun akan membantumu agar tetap terlindungi.

Berapa lama masa aktif vaksin flu dalam tubuh?

Saat kamu sudah menerima vaksin influenza, butuh waktu sekitar dua minggu untuk vaksin tersebut bekerja. Vaksin nantinya akan merangsang respons imun, di mana sel darah putih mengidentifikasi virus penyebab flu dan mulai membuat antibodi.

Keberadaan antibodi di dalam tubuh hanya sekitar 6 bulan. Namun, setelah terurai limfosit B dapat membuat antibodi lebih cepat saat mereka bertemu virus lagi.

Vaksin influenza kini lebih mudah di Primecare Clinic!

Layanan vaksinasi dengan tim dokter profesional dan terbaik bisa kamu dapatkan di Primecare Clinic. Segera lakukan reservasi layanan suntik vaksin di Primecare Clinic cabang terdekat. #MulaidariKamu

Primecare Clinic
Cabang Tebet
(Informasi dan pendaftaran: 0811-8906-625)

Cabang Panglima Polim
(Informasi dan pendaftaran: 0811-1958-188)

Cabang Samarinda
(Informasi dan pendaftaran: 0811-5503-567)

Keyword pencarian:
influenza, flu, vaksin, vaksin flu, vaksin influenza, imunisasi, jadwal vaksin

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.