Cara Membersihkan Telinga yang Benar dan Aman

woman-wearing-casual-sweater-background-covering-ears-with-fingers-with-annoyed-expression-noise-loud-music-1.jpg

Telinga adalah salah satu organ yang sangat penting dan sangat sensitif. Oleh sebab itu, cara membersihkan telinga pun perlu diperhatikan agar tidak keliru dan justru berbahaya.

Pada dasarnya, perlu kamu ketahui bahwa telinga memiliki cara tersendiri untuk membersihkan secara otomatis. Tapi, kamu tetap bisa mengusap bagian luar telinga saja jika ingin dibersihkan.

Apabila kamu merasa ada yang gatal di bagian dalam telinga, kamu dapat menggunakan obat tetes telinga.

Kebanyakan orang membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud, padahal cara itu justru bisa membuat kotoran semakin masuk ke dalam dan sulit untuk dibersihkan.

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga yang tepat?

Jika kotoran telinga menumpuk dan mulai membuat telinga terasa tidak nyaman, maka kamu bisa coba melakukan beberapa cara membersihkan telinga yang baik dan benar berikut ini:

1. Menggunakan obat tetes telinga

Salah satu cara membersihkan telinga yang mengeras adalah dengan menggunakan obat tetes telinga yang bisa dibeli di apotek atau toko obat.

Kamu dapat mencari obat tetes telinga yang mengandung hidrogen peroksida atau jenis peroksida lainnya. Kandungan ini dapat bekerja dengan baik untuk memecah kotoran telinga yang mengeras.

2. Bersihkan dengan air hangat

Apabila kamu tidak memiliki riwayat gangguan telinga sebelumnya, sebaiknya bersihkan telinga secara rutin menggunakan kain bersih atau kasa steril dengan air hangat.

Cuci tangan sebelum melepaskan kasa. Setelah itu, balutkan kasa atau kain pada salah satu jari dan celupkan pada air hangat.

Bersihkan telinga secara perlahan mulai dari daun telinga hingga lipatan daun telinga bagian dalam. Jangan terlalu dalam saat membersihkan telinga karena dapat berisiko menyebabkan cedera atau infeksi.

3. Rutin cek ke dokter THT

Kotoran dalam telinga merupakan salah satu cara telinga untuk mencegah benda asing masuk ke dalam telinga. Apabila kotoran ini sudah terlalu banyak atau menumpuk, risikonya bisa memicu gangguan pendengaran.

Maka dari itu, kamu sebaiknya rutin konsultasi ke dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) untuk mengatasi masalah ini.

Dengan menggunakan alat khusus, dokter THT akan membantu memeriksa dan membersihkan kotoran telinga yang menyumbat. Selain itu, kamu juga perlu cek ke dokter THT jika mengalami gangguan pendengaran.

Termasuk di antaranya seperti telinga yang berdenging, infeksi pada telinga, hingga nyeri pada telinga.

Demikian ulasan tentang beberapa cara membersihkan telinga yang bisa kamu lakukan. Jaga kesehatan telingamu dengan rutin konsultasi dengan dokter spesialis THT di Primecare Clinic!

Jadwal Dokter Spesialis THT
Primecare Clinic

Cabang Tebet
(Informasi dan pendaftaran: 0811-8906-625)

dr. Dina Sp.THT
Senin dan Kamis, 13.00 – 15.00

Cabang Samarinda
(Informasi dan pendaftaran: 0811-5503-567)

dr. Yanneca Bamba, Sp.THT-BKL
Senin s/d Kamis, 17.00 – 19.00

Keyword pencarian:
telinga, dokter tht, membersihkan telinga, telinga gatal, infeksi telinga

Copyright by PT. Layanan Medika Pratama 2022. All rights reserved.